fbpx

Website

Website adalah kumpulan halaman yang di simpan pada server hosting yang terkoneksi dengan internet sehingga penggunjung yang memiliki akses internet dapat mengaksesnya.

Halaman-halaman ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya (web pages) sehingga menjadi sebuah website, selain website membutuhkan server hosting sebagai tempat penyimpanan file, website juga memerlukan alamat, bisa dengan IP address atau menggunakan alamat domain agar bisa lebih di ingat oleh pengunjung.

Contoh website adalah seperti kelaswp.com, google.com, facebook.com dst.

Bagaimana cara mengunjungi website ?

Untuk bisa membuka alamat website anda membutuhkan browser. Seperti firefox, Google Chrome, Safari dan lainnya. Buka browser yang telah ter-install pada komputer atau handphone dan ketik alamat website pada kolom alamat yang terdapat pada bagian atas browser.

Jenis-jenis website

saat ini terdapat jutaan website yang online dengan berbagai macam fungsi dan tujuannya. Dan berikut adalah pengkategorian jenis-jenis website berdasarkan fungsinya secara garis besar.

Website Komunitas.

Website komunitas merupakan website dengan fitur dimana user dapat saling berinteraksi satu sama lain, dan di kelompokan berdasarkan interestnya. Contoh website komunitas adalah seperi forum kaskus.com, ruang tanya jawab seperti quora.com, sosial media seperti facebook, twitter dan lainnya

Website perusahaan atau company profile

Website ini biasanya bersifat satu arah, dimana informasi yang terdapat di dalamnya hanyalah informasi profil dari perusahaan tersebut, barang atau jasa yang di jualnya, portfolio, foto gallery dan juga informasi bagaimana cara menghubungi.

Tidak hanya untuk perusahaan, website company profile juga seringkali kita temukan sebagai website organisasi, website sekolah, yayasan, website pemerintahan dan lain-lainnya.

Website Blog

Blog merupakan website yang bersifat personal, seperti diary online. Dimana isinya dari blog atau weblog biasanya adalah catatan atau artikel-artikel seseorang. Biasanya artikel artikel ini memiliki topik sesuai dengan interest dari pemiliki blog.

Seperti kelaswp.com sebagai contoh, ini adalah blog pribadi saya, dimana konten/informasi didalam website ini spesifik tentang cara pembuatan website dengan menggunakan wordpress.

Website eCommerce atau Toko online

Website eCommerce atau online shop atau toko online merupakan website vendor yang menjual barang nya secara online didalam website toko online tersebut.

Dimana biasanya produk atau jasa nya di kelompokan berdasarkan kategori, agar pengunjung website online shop tersebut dapat dengan menemukan barang yang ingin dibeli.

Fitur lainnya adalah website toko online memiliki halaman member area, halaman chec-out untuk user melakukan pembayaran secara online, baik itu dengan kartu kredit, transfer atau metode layanan pembayaran lainnya yang saat ini kian berkembang seperti ada OVO, GoPay dll.

Website Marketplace

Website marketplace adalah gabungan dari website komunitas dan toko online, dimana yang menjadi penjual dan pembeli ada user dari website tersebut.

Di mana pemilik website merupakan orang ketiga yang menyediakan sistem agar semua keamanan, support,  transaksi berjalan dengan dari waktu ke waktu.

Contoh dari website marketplace yang cukup populer di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak atau eBay.

Tidak hanya produk fisik saja. Website marketplace juga tumbuh untuk bidang jasa, dimana penyedia jasa dapat bertemu pembeli secara online, Seperti contoh website themeforest.com (website jual beli template wordpress)

Website e-Learning

Website eLearning atau yang biasa juga disebut sebagai website LMS (Learning Management System) adalah website yang fungsinya sebagai ruang belajar secara online.

Dimana materi pelajaran seringkali sudah di buat dalam format digital dan member dapat melihatnya secara berurutan sesuai dengan progress atau kurikulum yang di tetapkan oleh pemilik website.

Seiring dengan perkembangan Zaman, website elearning tidak hanya menyedia konten digital, namun kini banyak juga yang menyediakan face to face secara online melalui video call, whatsapp dll, antara murid dan pengajar.

Contoh website elearning seperti ruangguru.com udemy.com dll.

Website custom / aplikasi

Dan masih banyak jenis website yang memang di buat secara custom sesuai dengan tujuan spesifik dari fungsi yang di ingikan oleh pemiliki website. Semakin berkembangnya zaman di sertai dengan teknologi aplikasi pada handphone.

Semua orang bisa dengan mudah membuat website atau dengan cara menyewa web developer untuk membantu membuat website seperti yang dimau,

Sebagai contoh website custom adalah seperti, website membership, dimana website tersebut bisa di akses informasinya apabila user telah membayar atau mendaftar. Seperti website bank (finance), ada juga search engine seperti Google, Bing, Yahoo.

Bagaimana cara Membuat Website ?

Untuk membuat website di butuhkan skil atau kemampuan bahasa pemrograman website seperti CSS, HTML, PHP, Ruby, ASP dll. Bahasa pemrograman website ini akan mengatur fungsi dan cara kerja dari website. Dan juga di perlukan skill design, agar tampilan website menjadi menarik.

Seiring dengan berkembangnya zaman, pembuatan website kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat oleh siapapun, karena tidak memerlukan bahasa pemrogramman secara langsung.

Sudah banyak sekali aplkasi atau CMS (content management system) yang siap pakai untuk anda jadikan berbagai jenis website seperti yang saya sebutkan diatas.

Contoh jenis CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, Drupal, Magento.

Apabila anda ingin belajar cara membuat website, anda bisa menggunakan kelaswp.com sebagai panduan menjadi website developer dari 0 sampai mahir dalam 30 hari secara gratis.

 

« Back to Glossary Index

Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Pemula

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.